Tips Jitu Merawat Motor Matic

Motor memang masih menjadi alat transportasi favorit di Indonesia. Harganya yang murah, dan mudah dibawa kemana mana menjadi alasannya. Walau dari segi keamanan berkendara motor tergolong sangat rendah, tetapi motor masih menjadi pilihan transportasi terbanyak peminatnya. Akhir akhir ini, sekitar 10 tahun terakhir, muncul fenomena baru pada dunia sepeda motor yaitu fenomena boomingnya motor matic. Walaupun pada awal mula dilahirkan motor matic in untuk para perempuan, tapi seiring berkembangnya zaman banyak juga laki laki yang tertarik menggunakannya. Bahkan saat ini, motor matic sudah menjadi motor jenis umum yang wajar digunakan laki laki ataupun perempuan. Memiliki motor matic harus juga tahu cara merawatnya. Merawat motor matic yang benar akan membuat motor anda awet dan tidak rewel.

Merawat motor matic tidak terlalu sudah walau agak berbeda dengan merawat motor bebek. Beberapa tips yang harus anda lakukan adalah biasakan untuk selalu panasi motor matic sebelum digunakan, kondisikan kecepatan motor anda secara stabil, jangan sampai kehabisan bensin, ganti oli secara teratur, periksa busi dan juga roler, periksa ventbeld, dan service secara berkala sesuai buku pedoman.

Selain hal hal yang telah disebutkan, dalam rangka merawat motor matic anda juga harus mengenal Continous Variable Transmission atau CVT. CVT memiliki kegunaan sebagai tansmisi pada motor matic. Cara kerja CVT adalah bagian penting yang mengganti transmisi secara langsung sesuai kecepatan saat anda berkendara. Untuk itu anda sebaiknya memperhatikan oli pada cvt dan menggantinya secara berkala agar transmisi motor matic anda tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *