Seluk Beluk TOEFL, Kunci untuk Belajar Diluar Negeri

Melanjutkan pendidikan diluar negeri merupakan impian setiap orang. Selain system yang bagus, suasana yang berbeda serta pengalaman yang luar biasa adalah bebebrapa alasan mengapa kuliah di luar negeri menjadi suatu tujuan.

Tapi hal tersebut bukanlah hal yang mudah, perlu banyak persiapan salah satunya adalah kemampuan berbahasa inggris. Bagaimana cara mengetahui kemampuan berbahasa inggris ? Tentu dengan mengikuti tes bahasa inggris.

TOEFL atau (Test Of English as a Foreign Language) adalah tes bahasa inggris yang paling terkenal karena sering dipakai di Indonesia. Tes ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berpusat di Amerika Serikat. ETS sendiri mulai melakukan pertama kali TOEFL sejak tahun 1963.

Terdapat tiga format dalam test TOEFL yakni

  1. CBT-TOEFL atau Computer Based Test TOEFL

Adalah Tes TOEFL berbasis komputer.Pada tes jenis ini terdapat empat sesi ujian yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. Dalam CBT-TOEFL memiliki rentang nilai antara nol hingga 330.

  1. Internet based test (IBT) atau iBT-TOEFL

Internet Based Test TOEFL adalah tes TOEFL berbasis internet. Biaya yang dikenakan untuk mengikuti iBT TOEFL adalah sebesar US$ 160.

  1. PBT-TOEFL atau Paper Based Test TOEFL

Adalah tes TOEFL berbasis kertas. Seperti namanya, tes ini dilakukan di atas kertas. Paper based test (PBT) memiliki tiga sesi ujian yaitu Listening, Structur e, dan Reading. Jenis TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677 sebagai nilai paling maksimum. PBT TOEFL yang bekerja sama dengan ETS biasanya adalah sekitar US$ 29.5

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *