Penyebab Gejala Sakit Perut Pada Anak

Sakit perut adalah salah satu jenis penyakit yang umum di jumpai pada anak-anak. Sakit perut memang tergolong penyakit ringan. Namun demikian, untuk orang tua tetap tidak boleh menyepelekan sakit perut yang di derita oleh anak, guna untuk mencegah datangnya penyakit lain yang lebih serius. Agar anda bisa memberikan penanganan yang terbaik dan juga tepat, ada baiknya anda memahami tentang penyebab gelaja sakit perut yang terjadi pada anak. Berikut beberapa penyebab terjadi nya sakit perut.

  • Intoleransi makanan
    Gejala sakit perut memang sering kali terjadi karena akibat dari intoleransi makanan, yang berarti pencernaan si kecil sensitif terhadap makanan tertentu, misalnya saja pada susu, kemudian makanan yang pedas-pedas dll. Dan hal ini biasanya terjadi beberapa saat setelah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan sakit perut.
  • Masuk angin
    Masuk angin juga bisa membuat perut menjadi sakit. Saat masuk angin, perut juga menjadi kembung sehingga menyebabkan sakit karena banyaknya gas yang terperangkap di dalam perut, orang yang sedang masuk angin biasanya juga bisa ditandai dengan seringnya buang angin. Hal ini biasanya di sebabkan oleh konsumsi bawang bombai, kembang kol, minuman bersoda dan juga brokoli
  • Maagh
    Sakit perut yang di derita si kecil bisa juga di sebabkan oleh gangguan penyakit lain seperti misalnya maag. Penyakit magh disebabkan karena adanya luka pada lambung, terlambat makan, dan juga stress. Apabila si kecil sering sekali bersendawa dan juga mual-mual hingga muntah, bisa dipastikan bahwa si kecil sedang terserang magh.
  • Infeksi
    Inveksi akibat bakteri yang terdapat di dalam sistem pencernaan bisa juga menyebabkan sakit perut pada anak, infeksi ini bisa terjadi apabila pola hidup dan juga pola makan tidak sehat, atau suka makan sembarangan. Biasanya infeksi yang disebabkan oleh virus bisa hilang dengan sendirinya, sedangkan infeksi yang di sebabkan oleh bakteri akan memerlukan antibiotik dan penanganan lebih lanjut.

Sebelum terserang gejala sakit perut, ada baiknya anda harus melakukan beberapa pencegahan, yang pertama anda bisa biasakan si kecil untuk memiliki pola makan yang teratur dengan porsi yang juga seimbang, kemudian pastikan makanan yang dikonsumsi si kecil kaya akan serat, biasakan cuci makan terlebih dahulu sebelum makan, bila perlu untuk anda sang ibu, ada baiknya anda menyiapkan bekal khusus ketika anak anda akan berangkat ke sekolah, hal ini bertujuan agar anak anda tidak jajan sembarangan di sekolah. Sehingga anak anda bisa terhindar dari gejala sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *