Kopi Dingin Atau Kopi Panas, Manakah yang Lebih Aman Untuk Lambung?

Kopi Dingin Atau Kopi Panas, Manakah yang Lebih Aman Untuk Lambung

Kopi, pasti kita sudah tak asing dengan minuman yang satu ini, minuman yang dibuat dari biji kopi ini banyak digemari oleh berbagai generasi. Selain memang rasanya yang khas, penyajian kopi pun sekarang ini sudah mulai beragam. Dalam penyajian kopi setiap orang pun memiliki selera yang berbeda-beda ada yang menyukai kopi panas ataupun kopi dingin, sebenarnya dalam kopi panas ataupun kopi dingin (yang ditambahkan es) tidak berpengaruh pada kandungan nutrisi kopi itu sendiri, namun penyajian kopi yang mana sih yang lebih aman untuk lambung, mari kita simak
Seperti yang telah disebutkan tadi kopi dingin maupun panas tidak berpengaruh pada kadungan nutrisi kopi, namun berpengaruh pada manfaat kopi yang ditimbulkan. Ya, kopi dengan penyajian dingin meberikan efek kafein yang lebih kuat karena suhu dingin yang berasal dari es batu dalam kopi tersebut yang mempengaruhi kafein dalam kopi lebih cepat muncul ke permukaan. Untuk itu, bagi kalian yang memiliki insomnia tau menghindari kafein yang terlalu banyak pada kopi maka disarankan kopi panas/ kopi yang hangatlah yang pas untuk kalian.
Penyajian kopi dengan suhu dingin ternyata lebih aman untuk lambung. Kenapa?, karena kadar keasaman pH kopi dingin lebih rendah dari pada kopi panas, kadar pH kopi dingin yaitu berkisar 6,31 yang berbeda dengan kopi panas yaitu 5,8. Untuk itu bagi kalian penikmat kopi yang memiliki masalah asam lambung atau maag, penyajian kopi dengan suhu dingin ini lebih disarankan untuk kalian.
Namun, tak bisa dihindari penyajian dengan suhu dingin biasanya dilengkapi dengan susu, krimmer, gula mapun wipped cream yang jelas akan menambah kalori dalam kopi tersebut. Sah-sah saja memang hal ini tak bisa dipungkiri untuk menambah cita rasa kopi, asal kita tak lupa akan pentingnya menjaga kalori dan gula darah kita untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *