Cara Cegah Penyakit Kulit pada Anak

Berbicara mengenai penyakit kulit pada anak memang membutuhkan waktu yang tak sedikit. Akan tetapi di sini akan kami rangkumkan hanya untuk Anda. Kulit bayi dan anak memang lebih sensitif bila dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Tak hanya itu saja karena kulit anak pun juga terasa lebih tipis. Oleh sebab itu, usia anak memang rentan terkena penyakit kulit yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti virus, bakteri, ataupun karena alergi. Salah satu penyakit kulit yang sering melanda bayi dan anak adalah ruam popok. Umumnya bayi yang terserang ruam popok akan merasakan gatal dan kulit menjadi kemerahan. Tentu saja hal ini menimbulkan rasa yang tak nyaman pada bayi sehingga membuatnya sedikit rewel. Selain ruam popok ternyata ada juga penyakit kulit lainnya yang biasa diderita oleh anak-anak seperti keringat buntat. Penyakit ini muncul karena konon keringat pada bayi yang tak bisa keluar dari pori-pori sehingga menimbulkan rasa yang gatal dan kulit bayi menjadi kemerahan dengan tekstur yang kasar. Biasanya keringat buntat ini timbul pada bagian dahi maupun dada dan punggung bayi.

Beberapa penyakit kulit pada anak ini memang harus ditangani dengan baik agar tak mengganggu tumbuh kembang anak. Apalagi jika sudah muncul akan membuat gatal-gatal, sehingga anak-anak akan menggaruknya. Bahkan saking gatal dan kuatnya mereka menggaruk-garuknya kulit mereka dapat lecet. Malahan sampai bisa berdarah. Pastinya kita tak mengingkan hal itu terjadi pada anak-anak kita, bukan? Oleh karena itu, cara yang paling pertama kita lakukan ialah mendatangi dokter anak-anak. Dokter akan memeriksa kulit anak kita. Setelah diketahui penyebabnya biasanya dokter akan memberikan resep obat. Dengan begitu, yang paling penting ialah gunakan obat tersebut dengan rutin agar keluhan tersebut dapat segera teratasi.

Di samping itu kita bisa memanfaatkan tanaman obat tradisional yang bersifat mendinginkan kulit seperti misalnya lidah buaya, daun binahong, dan sebagainya. Selain dengan cara mengobati, cara mengatasi lainnya penyakit kulit pada anak ialah dengan cara pencegahan. Pencegahan yang dapat dilakukan ialah dengan cara carilah pakaian anak yang berbahan lembut, menyerap keringat, dan adem. Hal itu akan menghindari anak-anak terkena keringat buntat atau biang keringat. Selain itu juga, pilihlah penggunaan sabun yang aman untuk kulit anak-anak yang sensitif. Karena salah memilih sabun pun dapat membuat kulit anak-anak yang gatal-gatal akan semakin bertambah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *